Kita semua tahu jika pendidikan itulah merupakan salah satu kewajiban yang harus diselenggarakan oleh negara. Oleh karena itu adanya nuptk banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh para tenaga pengajar (nuptk) yang salah satu tujuan utama adalah meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia kedepannya. Sebab semakin cerdas dan terpelajar suatu bangsa akan semakin makmur dan sejahtera masyarakat bangsa tersebut. Baiklah sekarang kita masuk ke inti pembahasan dan semoga dapat membantu sobat guru semuanya.
Sesuai dengan Permendiknas Nomor 8 Tahun 2005 mengenai Organisasi dan Tata Kerja Ditjen PMPTK, Pada pasal 8 berbunyi bahwa Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan memiliki tugas untuk merumuskan serta melaksanakan kebijakan serta standardisasi teknis pada bidang peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan nonformal.
Secara khusus kehadiran UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen semakin memposisikan Ditjen PMPTK pada posisi strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Sebagai implikasi amanat UU No. 14 tahun 2005 tersebut, Ditjen PMPTK memandang perlu menyiapkan data PTK yang benar, akurat, dan mutakhir sebagai bahan yang dapat digunakan untuk dasar analisis dan sumber data berbagai program kegiatan dalam upaya peningkatan mutu PTK.
Dalam rangka mendukung ketersediaan data PTK yang benar, akurat, dan mutakhir, Ditjen PMPTK telah mengembangkan satu Format Pendataan Instrument NUPTK 2007 yang bertujuan untuk mendapatkan informasi PTK secara mendetail dan historikal. Ditjen PMPTK juga memberikan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) yang terdiri dari 16 digit angka numerik dan bersifat unik kepada PTK yang mempunyai informasi yang baik dan lengkap.
Sistem pemberian nomor Nuptk (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) juga dilengkapi dengan proses pencarian PTK yang terhitung ganda (double-counting) akibat para pengajar di beberapa sekolah atau bekerja di beberapa instansi pendidikan untuk menghasilkan informasi tabulasi jumlah PTK secara riil. Baiklah, jika ingin segera mendapatkan informasi berapakah Nuptk Terbaru anda silakan download Software Nuptk berikut ini nuptk web browser dan paduan terbaru. Ket: Cari nuptk berdasarkan, Provinsi, Kabupaten/Kota, Sekolah, Nama, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, dan lain-lain, Namun jika sewaktu mendownload software nuptk diatas terasa berat sebelumnya dapat menggunakan software idm untuk mempercepat downloadnya.